Membedakan Permutasi dan Kombinasi

18 Juni 10

Sering sekali siswa sma dihadapkan pada satu soal tentang probabilitas suatu kejadian dan kebingungan akan menggunakan permutasi atau kombinasi dalam menyelesaikan soal tersebut, oke kita liat dulu yuk rumusnya:
Dalam urusan permutasi dan kombinasi kita harus tahu terlebih dahulu tentang notasi faktorial (!) dan penggunaannya, dan saya anggap udah bisa, welah kok malah ngelantur lha mana rumusnya ?
Rumus permutasi:
{n!}/{(n-r)!}
Rumus kombinasi:
{n!}/{r!(n-r)!}

Oke penggunaannya, jika permutasi adalah pengabungan beberapa objek dengan memperhatikan urutan jadi {a,b,c} berbeda dengan {b,a,c}. Contohnya adalah jika terdapat 3 bola dengan warna berbeda yaitu kuning, hijau dan merah, ambil 2 bola dengan memperhatikan urutan maka permutasi yang mungkin terjadi adalah 6 yaitu {kuning,hijau}, {kuning,merah}, {hijau,kuning}, {hijau,merah}, {merah,kuning} dan {merah,hijau}.
Jika menggunakan rumus =
{n!}/{(n-r)!} dengan n=banyaknya bola r=banyaknya pengambilan
{3!}/{(3-2)!}={3.2.1}/{(1)!}=6/1= 6

Sedangkan kombinasi adalah penggabungan beberapa objek dengan tidak memperhatikan urutan, jadi {a,b,c} sama dengan {b,a,c} juga sama dengan {c,a,b} dan sama dengan urutan yang lain asalkan terdiri dari 3 huruf tersebut.
Contohnya ada 4 orang anak yaitu A, B , C dan D. Akn diambil 2 orang untuk mewakili sekolah dalam lomba menggambar maka kemungkinan 2 orang tersebut ada 6 yaitu {A,B}, {A,C}, {A,D}, {B,C}, {B,D} dan {C,D}. Kalo dikerjakan dengan rumus maka,
Kombinasi = {n!}/{r!(n-r)!} dengan n=banyaknya anak dan r=banyaknya yang diambil
{4!}/{2!(4-2)!}={4!}/{2!.2!}=24/4=6

Oke semoga sedikit tambah jelas ya….

36 responses to “Membedakan Permutasi dan Kombinasi”

  1. Pak Guru Ngeblog mengatakan:

    Bro aku punya beberapa file ppt matematika, cocok untuk penanaman konsep matematika dasar (biasa tak gunakan di sekolah), kalau berkenan tak kirim kemudian kamu upload ya, mau tak upload gak sesuai tema blogku….

  2. Arcane mengatakan:

    ini rumus sekarang diajarinnya saat di SMA XI

  3. renz mengatakan:

    sedikit bisa tapi sedikit masih bingung hehe

  4. Nindy Jouseva mengatakan:

    ini mahh pelajaran osm math smp sekarang …….

  5. Selna Rustam mengatakan:

    ini plajaran SMP apa bukan ya? saya sih di osn mat SMP udah ngebahas bginian..

  6. masmunif mengatakan:

    salam kenal
    lagi jalan-jalan

  7. femi mengatakan:

    new pnjlaasn bntu q bangedz
    thankz

  8. cenci mengatakan:

    thank’s ya ats pnjlsnnya saya sngt trbntu…..

  9. Maulana mengatakan:

    aku masih bingung,
    aku ada contoh soal ne,,
    suatu perusahaan memiliki 5org krywan lki2 dan 7 wanita. berapa banyak tim yg dpat d bentuk apabila di dalam tim tersebut harus terdiri 3 kryawan lki2 dan 2 wanita,,,

    klo yg ini permutasi atau kombinasi,
    tolong bantu ya

  10. uliel mengatakan:

    aku masih bingung,
    gimana cara membedakan soal kombinasi dan permutasi

  11. Muhammad idham mengatakan:

    @Maulana
    itu gampang .. tinggal 5C3 dikali 7C2

  12. Dwi Yanti mengatakan:

    Kirim dong ke email saya

  13. pian mengatakan:

    kan ada alat perga model pusingan 8 segi,jika jika diputar 2 kali berapa kemungkinannya yg nyentuh lantai 1 warna merah & 1 warna kuning?
    semua warna pada pusingan berbeda

  14. angel mengatakan:

    n!/(n + 1 )!

  15. irena mengatakan:

    halo,

    saya ad contoh soal dan agak bingung pnyelesaianny. mohon bantuan :)

    seorang siswa hrs mngrjakan 8 dari 12 soal. brp kmungkina tersdia, jika 4 soal dr 6 soal prtama hrs dkrjakan ??

  16. Romatua Lubis mengatakan:

    mantap dah gan…..

  17. Romatua Lubis mengatakan:

    mantap dah gan….. mkasih ya,

  18. arief neo mengatakan:

    wah ,, penjelasan yang baik ..
    thanks na ..

  19. Grover mengatakan:

    What’s up, just wanted to mention, I liked this blog post. It was funny. Keep on posting!

  20. At this time I am ready to do my breakfast, after having my
    breakfast coming again to read additional news.

    Feel free to surf to my page γωνιακοι καναπεδες

  21. model job mengatakan:

    You need to be a part of a contest for one of the greatest websites on
    the web. I will highly recommend this web site!

  22. making money online mengatakan:

    Amazing issues here. I am very satisfied to peer your article.
    Thanks so much and I’m having a look forward to contact you. Will you please drop me a mail?

  23. These are really great ideas in on the topic of blogging.
    You have touched some fastidious factors here. Any way keep up wrinting.

    Also visit my web site comment 柠va bien janane

  24. ex-planning.Com mengatakan:

    Wonderful beat ! I wish to apprentice whilst you amend your web site,
    how could i subscribe for a weblog web site? The account helped me a
    acceptable deal. I have been tiny bit familiar of this your broadcast provided brilliant
    clear idea

  25. Keep on writing, great job!

    Also visit my site … how to win the lottery

  26. Tri Tiyani mengatakan:

    kalo contoh disini mudah,giliran dihadapkan pada soal BINGUNG -,-

  27. pipit mengatakan:

    berapa banyak susunan panitia yang berbeda dapat dibentuk 2 laki-laki dan 1 orang perempuan dari :
    a. g laki-laki dan 4 perempuan

    itu termasuk permutasi atau kombinasi ya,, mohon bantuannya

  28. Ҝeep this going please, great job!

    Ηere is mmy webpage; playstation 4 pre order best buy

  29. sellmyhousenj.net mengatakan:

    I’m not sure why but this blog is loading very slow for me.
    Is anyone else having this problem or is it a issue on my end?I’ll check back later on and see
    if the prolem still exists.

    Here is my webpage – cash for house; sellmyhousenj.net,

  30. Kacey mengatakan:

    Hello! I just wanted to ask if you ever have any issues with
    hackers? My last blog (wordpress) was hacked
    and I ended up losing several weeks of hard work due to no backup.
    Do you have any solutions to prevent hackers?

  31. ewang mengatakan:

    6 siswa, 3 siswa laki laki dan 3 siswa perempuan duduk sejajar. peluang 3 perempuan duduk berdampingan adalah…

  32. fikri mengatakan:

    @ewang: itu permutasi siklis caranya make (n-1)! jadinya (6-1)! = 5! = 5x4x3x2x1 = 120 cara

    @pipit: di soalnya ga ada urutannya kan? berarti kombinasi, cari aja kombinasi antara cowok sama cowok, cewek sama cewek, kalo disitu berarti 9C2 sama 4C1

    @irena: kalo menurut gue itu permutasi soalnya ada urutan (4 soal pertama)dari 6 soal, berarti kan itu harus urut, 1,2,3,4 makannya make permutasi cuman gue ga tau permutasinya apakah 6P4 atau gimana soalnya diatas 12P8 kenapa bawahnya 6P4

    Btw thanks buat blognya, jadi paham + njelasin ke orang yg nanya (diatas ane hehe)
    blog: otakutechblog.wordpress.com
    nf0297@gmail.com

  33. fikri mengatakan:

    @ewang: itu kalo berdampingan dianggep 1 jadinya kan seharusnya total ada 6 orang, cuman karena berdampingan 3 orang maka dianggep 1 = total 4 orang (3 orang misah, 1 orang lagi yg dempet (3 orang cewek))
    jadi rumusnya (4-1)! = 3! = 3x2x1 = 6 cara

  34. recipes mengatakan:

    It’s really very complex in this full of activity life to listen news
    on TV, thus I only use web for that reason, and obtain the newest news.

Tinggalkan Balasan