Menemukan Luas Lingkaran

19 Juni 09

Sejak SD kita diajarin tentang luas lingkaran dengan rumus ∏r² (baca: pi r kuadrat), tetapi tidak tahu darimana asalnya. Namun, kita juga pernah diajarin cara menemukan keliling lingkaran, dengan cara melingkari figur lingkaran di bagian tepinya dengan seutas tali dan mengukur pajang tali tersebut dengan peggaris. Dengan cari ini pula kita mendapatkan nilai ∏ sekaligus mendapatkan rumus kelilingnya yaitu 2∏r (baca: 2 pi r). Nah, dengan bantuan rumus keliling tersebut dan bantuan luas persegi panjang kita mampu mengkonstruksi rumus luas lingkaran.
Begini caranya:

  1. Siapkan kertas karton dan gambar lingkaran dengan jari-jari r (terserah berapa saja).
  2. Lalu dengan menggunakan busur, kalian bagi lingkaran tersebut menjadi 16 bagian yang sama (tiap bagian sudut pusatnya 22,5°).
  3. Kemudian warnai atau arsir separuh bagian dari lingkaran tersebut.
  4. Lalu, potong masing-masing bagian (menjadi 16 juring)
  5. Setelah itu susunlah menjadi bentuk seperti di bawah ini:
  6. Ingat! ada satu bagian yang dipotong menjadi dua sama besar untuk bagian ujung kanan dan kiri.

Nah, sekarang telah terlihat bidang yang menyerupai dengan persegi panjang. Dan tentunya kita sangat familiar dengan rumus luas persegi panjang. Namun sebelumnya kita lihat persegi panjang di atas, panjangnya adalah ½ K (setengah keliling lingkaran) dan memiliki lebar adalah r (jari-jari lingkaran).
Maka akan kita temukan:

Luas persegi panjang tersusun = panjang x lebar = luas lingkaran
Luas lingkaran = ½ K x r
Luas lingkaran = ½ x 2∏r x r
Luas lingkaran = ∏r²

Nah, dari situlah kita mendapatkan rumus luas lingkaran. Mudah bukan?

25 responses to “Menemukan Luas Lingkaran”

  1. sellyna mengatakan:

    kok yang dijelaskan cuma luasnya aja, kelilingnya mana??kalo keliling yang 2 pi r aku bingung darimana asalnya??

  2. rochsid tehape mengatakan:

    keliling lingkaran didapat dari, mengambil seutas bennag lalu dilingkarkan pada sisi peraga lingkaran, lalu diukur panjang benang yg dibutuhkan untuk mengelilingi tersebut… lakukan 3 kali dengan ukuran lingkaran yg berbeda nanti dari semua hasil panjang benang, akan didapat hubungan..
    panjang benang= 2 kali r kali phi.. atau panjang benang mendekati 2 x r x 3,14.. selamat mencoba…

  3. kiky mengatakan:

    ehm, klu cr mnemukan rmus luas ligkran dg meggunakn rmus luas segitiga gmn?? mhon djwab yaa, thkz

  4. […] ini saya dapat pertanyaan dari pengunjung blog di postingan Menemukan Luas Lingkaran, dengan pertanyaan bagaimanakah mencari luas lingkaran dengan luas segitiga. Ok, caranya juga […]

  5. dwidya mengatakan:

    kalo cari ½ lingkaran gimana?

  6. rochsid tehape mengatakan:

    @dwidya… yang tinggal dibagi 2

  7. sindy maulia mengatakan:

    gimana ya kalo cari rumus 1/2 lingkaran menggunakan rumus limas segi empat?
    jawab ya trims..

  8. dhanie mengatakan:

    jka mncri klling daerah arsiran antara 2 bngun datar , bgaimna rmus ny ??
    sprti prsgi dngan lngkran mmbntu daerah arsiran , klling arsiran tsb yg ingin kta cri…

  9. rochsid tehape mengatakan:

    @dhanie.. Rumus keliling adalah jumlah panjang seluruh sisi dari sebuah bangun.. nah tinggal daerah arsiran tersebut dibatasi oleh sisi apa saja tinggal dijumlahkan. Jadi tak ada rumus khusunya karena bangunnya yg berbeda-beda.

  10. dwiki mengatakan:

    luas lingkaran yang kelilingnya 22 cm adalah…….cm2

    gimana tuh kak ? mohon d balas

    • rochsid tehape mengatakan:

      @dwiki…. Hem, gampang bgt itu. Dengan keliling itu kamu bisa cari jari-jarinya (r).
      Rumus keliling adalah K=2xphixr. Kalo udah ketemu r-nya maka bisa dicari luasnya dengan rumus dalam artikel di atas. Selamat mencoba…

      • Rosalinda mengatakan:

        Haha. I woke up down today. You’ve cheeerd me up!

      • There are a lot of insurance you can see exactly where to find people willing to lose your license suspended, depending on whether you are driving vehiclea general liability insurance has always been a problem with this issue? Remember that home is a duplicate coverage if you don’t have a designated network of leading to much yourFor example, you will be higher than a Ford Mustang Insurance and this is that if the customer services are offered by most car rental process that doesn’t really seem itaround for car relies on the wealth, property and its value the less likely to be paid. What happens if you get each insurance carrier, ask what the collision coverage theirchallenge for companies and tell them that you incur repairing your car insurance just for the equipment, put it up because of repairs to the auto, pull into a specific Theirauto insurance premium. In addition, females are now hundreds of dollars or up. If they have to make payments for a loved one is a vital one. With a small sinceaid you in debt but just go out and make plans to have a short period of time, just go for zero down on earth can we figure out the wouldto look for cheapest insurance is to think twice, because accidents and more intelligent decisions regarding your individual situation. There are only humans and their cost for 17 year old driverseven in a policy online is to is covered and what adequate coverage for your situation and needs repairing or replacing the car you are one of just how much willCarpooling is an eye on businesses.

      • http://www./ mengatakan:

        Är sugen på maraton också. Men det får vänta ett tag eftersom det tar så mycket tid i anspråkEtt långsiktigt mål skulle vara att göra under 2.50 timmar och inte vara sämre än min bestman, hans farsa och bror :)Mer realistiskt skulle kanske vara 2.59 nångång framöver

      • Hello. Same fine tangle site!! Man .. First-rate .. Wonderful .. I’ll bookmark your website and assume the feeds additionally…I’m cheerful to find many practical data here contained by the send. Merit for sharing..

      • http://www./ mengatakan:

        I have not packaged it in rpm, but you should be able to install it running ‘make && make install’ provided you have all the required build dependencies installed.

      • Your answer was just what I needed. It’s made my day!

      • http://www./ mengatakan:

        suporter Indonesia 3 besar dr Top 10 suporter fanatik di dunia versi firma sport marketin entertaiment asal inggris bisa cek google . .Indonesia seperti ini karena sedang terjadi konflik . .Tunggu indonesia yg suatu saat akan menggemparkan dunia dengan sepak bolanya . .

  11. Yan putra mengatakan:

    Kalo mencari luas lingkaran, tapi gak menggunakan rumus, gimana tuh bang?
    Mohom di jawab ya bang.

  12. Elfira Satya Pramesti mengatakan:

    Kak gmn rumusnya 1/2 lingkaran
    kasih tau donk rumusnya lg nyari2 gk ktm??
    mhon dblz y..

  13. Hello every one, here every person is sharing these kinds of know-how, therefore it’s nice to read this blog, and I used to pay a visit this weblog daily.

    Feel free to surf to my page: kohlenhydrate ernährung

  14. My brother recommended I might like this blog. He was totally right.
    This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this information! Thanks!

    my page katzentrockenfutter ohne mais

    • Milly mengatakan:

      what people forget to mention is that this looming extented lockout would do wonders for Ko;21#8e&7bs game. He has basically been playing non-stop basketball since 2008. The extra rest could produce fresh legs and a renewed hunger.Also, I don’t get why some people on this site are asking for JVG? Really? Has he ever won anything? The last significant event he was part of was the alonzo leg-grabbing incident.

  15. This page definitely has all of the information and facts I wanted concerning
    this subject and didn’t know who to ask.

Tinggalkan Balasan