Mengkonstruksi Rumus Volume Bangun Ruang

22 Juni 09

Bangun ruang adalah bangun yang memiliki isi atau volume. Macam-macam bangun ruang adalah kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung dan bola. Dari 7 bangun ruang tersebut mempunyai rumus volume yang berbeda-beda dan pasti ada siswa yang kesulitan untuk menghafalkannya.
Nah disini saya akan mengajak untuk mengkonstruksi volume suatu bangun ruang, minimal dengan menyederhanakan banyaknya rumus itu sendiri. Sekarang kita mulai dengan mengkategorikan bangun ruang dalam 3 kategori :

  1. bangun ruang biasa
  2. bangun ruang lancip, dan
  3. bola

Dengan mengkategorikan bangun ruang dengan cara di atas maka kita juga hanya membutuhkan 3 rumus volume sehingga lebih mudah untuk mengingatnya. Rumus volume bangun ruang berdasarkan kategori di atas adalah:

  1. bangun ruang biasa

    volume = luas alas x tinggi

    Nah, dari rumus tersebut kita bisa mengkontruksi rumus untuk kubus, balok, prisma, dan tabung.
    Ingat !! Suatu bangun ruang dalam kategori 1 ini selalu memiliki bidang alas = bidang atas (tutup)

  2. bangan ruang lancip

    volume = 1/3 x luas alas x tinggi

    Dari rumus tersebut kita dapat mengkonstruksi rumus limas dan kerucut.

  3. bola

    volume = 4/3 x ∏ x r³

Sekarang, kalian tidak usah bingung-bingung lagi untuk menghafalkan rusmus volume bangun ruang. Oh ya kalo saya dulu waktu masih SMP menggunakan jembatan keledai seperti ini :

Semua bangun ruang memiliki rumus volume = luas alas x tinggi. Jika lancip ditambah 1/3 di depannya dan jika bola memiliki rumus sendiri.

Ok.. selamat belajar matematika semoga sukses.
Matematika gampang kok… sampai bertemu di artikel selanjutnya ya.

18 responses to “Mengkonstruksi Rumus Volume Bangun Ruang”

  1. idin mengatakan:

    boleh minta rumus yang agak komplit ga buat nak smp?

  2. ochid mengatakan:

    begini salah satu rumus komplitnya saya contohkan balok.. balok termasuk jenis bangun ruang biasa maka maka V balok = luas alas x tinggi .
    Alas balok adalah persegi panjang, jadi luasnya adalah panjang x lebar.
    Maka V balok = panjang x lebar x tinggi = p x l x t..
    Untuk bangun yang lain cukup memperhatikan alasnya saja.

  3. adawiyah mengatakan:

    aq juga sudah pernah coba untuk anak smp, hasilnya sih cukup bagus tapi dengan syarat anak-anak harus hafal rumus bangun datar dulu. klo untuk anak sd aq belum pernah coba. kira-kira hasilnya gimana, ya?trus untuk menjelaskan, ada bedanya pa ga?thx

    • Nurul mengatakan:

      Ada soal:
      terdapat sebuah balok dengan alas 35m x 15m.jika tinggi balok berbeda,pd satu sisi sblh kiri tingginya 2,5 dan sblh kanan tingginya 1,5 berapa volumenya?

  4. Violet Tnano mengatakan:

    bisa di jelaskan….. mengapa volume bola = 2 kali voleme kerucut..??????

  5. Violet Tnano mengatakan:

    owww sowry larat….. maksudnya,,, mengap volume setengah bola = 2 kali volume kerucut.
    volume 1 bola = 4 kali volume kerucut…???
    tolong di jawab ya..?????

  6. rochsid tehape mengatakan:

    buat viloet: ini dibuktikan dengan alat peraga karena pendekatan paling mudah adalah dengan itu…
    Jika kita memiliki kerucui dengan jari2 sam dengan sebuh bola, maka jika kita memotong bola tersebut menjadi 2 bagian sama, setelah itu kita mengisi cairan secara penuh ke kerucut maka isinya akan sama saat dituangkan dalam setengah bola itu.
    lebih lengkap kunjungi : http://www.crayonpedia.org/mw/Tabung_Kerucut_Dan_Bola_9.1

  7. Fanny mengatakan:

    volume bangun datar apa kk ?

  8. Fanny mengatakan:

    KK sebutkan volume-volume bangun datar………..!

    saya lagi butuh sekali kk plisssssss……….!

    Tlong diblas ya kk……………..?

  9. rochsid tehape mengatakan:

    hahaha… Fanny-fanny lucu aja kamu… bangun datar itu bangun berupa luasan jadi tidak punya volume.. contoh bangun datar adalah persegi,segitiga,lingkaran,trapesium dll…. mereka tidak punya volume…

  10. octavia mengatakan:

    kak,,q tlisin smua rmus yg kk th dong plis. . .!!
    kak,,silahkan kpn2 brknjung dfb q y fia_masivers_sejati@yahoo.co.id
    tQ

  11. elok mengatakan:

    kk.. aku baru mulai bantu mengajar private, dan baru belajar mengajar SMP kelas 3 ttg. bangun datar sisi lengkung, ada beberapa yang aku tak bs menjelaskan dengan baik. soalnya begini, “sebuah kerucut dimasukkan ke dalam setengah bola, jari2 kerucut dan bola sama, berapakah volume di luar kerucut di dalam bola jika volume kerucut = 4 liter. ? bgaimana cara menjelaskan yang baik, agar mereka mengerti?

  12. rochsid tehape mengatakan:

    @elok.. bangun datar sisi lengkung itu lingkaran dan elips, kalo bola, kerucut itu adalah bangun ruang sisi lengkung.
    Soalmu tidak bisa dijawab kalo tinggi kerucut tidak diketahui…

  13. Violet Tnano mengatakan:

    Oww trmksih jawabannya ….

  14. Having read this I believed it was very informative.
    I appreciate you taking the time and energy to put this content together.
    I once again find myself personally spending way too much time both reading and leaving comments.
    But so what, it was still worthwhile!

  15. pulau tidung mengatakan:

    I love reading through a post that will make people think.

    Also, many thanks for allowing for me to comment!

  16. agen sabung ayam mengatakan:

    Hi it’s me, I am also visiting this web site daily, this website is genuinely nice
    and the users are in fact sharing good thoughts.

Tinggalkan Balasan