Sudahkah Konservasi Kampusku?

31 Oktober 10

Menurut om wikipedia, konservasi adalah adalah pelestarian atau perlindungan. Secara harfiah, konservasi berasal dari bahasa Inggris, (en)Conservation yang artinya pelestarian atau perlindungan.
Sedangkan menurut ilmu lingkungan, Konservasi adalah :


Deklarasi UNNES sebagai Universitas Konservasi telah 8 bulan yang lalu tepatnya 12 Maret 2010 dengan mengundang Menteri Pedidikan RI. Nah, dari pengertian di atas setidaknya saya memberikan sedikit penilaian tentang “kekonservasian” UNNES.

  1. Sepeda untuk beberapa mahasiswa.
    Yups ini merupakan satu langkah yang selaras dengan misi konservasi. Dimana-mana di bangun selter sepeda dan memang menambah kesan indah dan unik namun sejauh mata memandang ndak ada sepeda terparkir disitu.
  2. Masuk kampus hijau nan sejuk.
    Kayaknya ini memang ruh dari konservasi dilihat dari pengertian pertama, yaitu pelestarian dan perlidungan. Ditambah lagi ada kebun pendidikan, embung, sumur resapan dan beberapa fasilitas hijau. Namun sejuknya kampus tidak lantas membuat gedung-gedung menurunkan AC mereka tuh?
  3. Paperless Policy
    Ini namanya penghematan, dengan adanya beberapa fasilitas yang dimigrasi online membuat penggunaan kertas dapat diminimalisir. Akan lebih baik lagi kalau ijasahpun dibuat digital (hahaha, bayangkan!). Harus ada penelitian mengenai dampak penghematan kertas menjadi pemborosan energi di kampus, bagus mana??
  4. Pergelaran Wayang dan Budaya
    Beberapa kali UNNES mengundang dalang tenar untuk turut serta melestarikan budaya a.k.a konservasi budaya, juga beberapa kegiatan yang digelar oleh mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni yang selalu nyentrik. Sekedar usul gimana kalo setiap hari kamis (bertepatan dengan berpakaian batik) setiap karyawan di Unnes menggunakan bahasa jawa untuk pelayanan kepada mahasiswa.

Semoga misi konservasi segera terwujud, dan semua elemen mendukung so tak terhenti hanya sebagai jargon saja. Salam Konservasi !!

5 responses to “Sudahkah Konservasi Kampusku?”

  1. Lita Xein says:

    Konsep konservasi amat relevan dengan kebutuhan dunia. Terutama menghadapi perubahan iklim. Semoga sukses selalu…

  2. Lies says:

    dengan visi dan tujuan untuk menjadi universitas konservasi memang bagus, tapi apa setiap unsur dan komponen kampusnya bisa didorong terus melakukan segala hal yang berbau konservasi? bagaimana caranya sebuah jurusan bahasa asing melakukan penelitian yang di dalamnya mengandung konservasi?
    kebijakan yang tidak mengena seluruh elemen kampus menurut saya.

  3. Now, you can conduct workshops as a form of promoting your business. These can be used directly in your office, when you are at business meetings, or even as tradeshow giveaways. There has got to be a link between the client and also the mobile network operators and this link in technical terms is named bulk SMS supplier.

  4. A poіnt to be noted iis that ѡithout tҺe search capability the
    employees must remember tҺe exaft stock keeping unit
    foor alll tҺe products. ᗪoing these tɦings ѡill not ⲟnly help you feel lesѕ lonely but аlso feel ⅼess alone.
    Dealers mօstly from tɦe original department store building,
    supply andd marketing cooperatives ɑnd otheг state-owned commercia enterprises.

  5. more says:

    Quality content is the secret to invite the visitors to pay a quick visit the site, that’s what this web site is
    providing.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *