5 Langkah Efektif Menata Folder dan File

8 Desember 10

Coba sekarang anda lihat dalam partisi hardisk anda, apakah rapi dan mudah untuk mencari file yang sudah tersimpan beberapa bulan lalu? Apakah anda kesulitan mencari file yang pernah anda download dari internet, jika “Ya” adalah jawabannya, maka ada 5 hal yang harus anda lakukan:

  1. Menghapus file lama dan tidak penting
    Segera mungkin cari file yang telah lama anda simpan atau usang. Tidak usah memberikan ampunan untuk file-file tersebut dengan alasan anda masih membutuhkannya kelak, tapi kenyataannya anda sudah tak menyetuhnya lagi bahkan sampai satu semester. File-file yang termasuk ke dalamnya adalah file uji coba atau latihan membuat sesuatu atau fie titipan dari teman kerja sekantor. Sama hanlnya dengan kamar anda yang sudah terlalu banyak sampah dan beberpa barang yang tidak berguna di dalamnya, maka anda harus segera membuangnya ke tempat sampah.
  2. Segera memberikan tindakan terhadap file-file setengah jadi yang ditemui
    Jika anda sudah memutuskan untuk menata folder dan file di dalam partisi komputer anda dan menenukan beberapa file yang setengah jadi, maka segera selesaikanlah. Misalkan ada proyek desain yang sudah setengah jalan, segera selesaikan dan kirimkan ke klien agar anda bisa menempatkan ke dalam kategori postofolio anda, atau sekumpulan script yang belum jalan segeralah berikan tindakan, menyelesaikannya dan menjadi sebuah aplikasi atau berhenti saja dan hapus file tersebut.
  3. Minimalisasi pembuatan folder baru
    Sering kita menyangka jika membuat folder yang banyak dan signifikan akan mempermudah kita untuk menyimpan file tapi kenyataanya adalah sebaliknya karena kita sering membuat file yang harus beririsan kategorinya. Langkah yang tepat yang harus anda lakukan adalah membuat kategori seglobal mungkin dan memberikan penamaan secara ketat. Misalkan anda membuat folder berdasarkan tipe file atau nama depannya saja. Tapi hal yang paling penting adalah memberikan nama yang sesua tidak semaunya. Sebagi contoh anda mendapatkan proyek dari PT. Berkah untuk membuat sebuah banner maka berilah nama banner-pt-berkah dan tempatnkan di folder corel jika anda mendesain dengan corel atau tempatkan di folder illustrator jika anda membuatnya dengan adobe illustrator.
  4. Menghindari penyimpanan otomatis
    Hampir semua software menyarankan kita untuk menyimpan file pada direktori instalasi dari software tersebut, yang harus kita lakukan adalah menempatkan file tersebut pada folder yang memang sudah kita siapakan untuk masing-masing kategori, dengan begitu file akan aman saat software tersebut di uninstall.
  5. Konsolidasi file jika memungkinkan
    Jika anda memiliki 2 file atau lebih yang memungkinkan untuk digabungkan sebagiknya digabungkan saja. Sebagi conto tempatnkan semua desain logo anda dalam satu file corel draw dan berbeda halaman saja. Atau menempatkan beberapa file tutorial teks dalam satu file. Hal ini dapat memudahkan anda untuk mencarinya di lain waktu.
  6. Semoga cara tersebut dapat membantu anda.. Selamat mencoba.

109 Balasan untuk “5 Langkah Efektif Menata Folder dan File”

  1. baidu mengatakan:

    I couldn’t refrain from commenting. Well written!

Tinggalkan Balasan